Tuesday 17 November 2015

Biografi Imam Abu Hanifah


By Qosdan Dawami

PENDAHULUAN
v  Latar belakang
Siapakah yang tak kenal Imam Abu Hanifah? Apalagi bagi seorang mahasiswa yang kuliah di Pakistan pasti sudah tak asing lagi dengan nama beliau, madzhab beliau serta ajaran madzhabnya karena Pakistan merupakan salah satu Negara yang mayoritas penduduknya mengikuti madzhab Imam Hanafi.
Beliau merupakan salah satu dari  empat Imam madzhab, beliau juga Ulama yang pertama kali menyusun kitab fiqh berdasarkan bab-bab yang berurutan rapi sehingga memudahkan bagi kita untuk mempelajari dan mengamalakannya, berkat karya beliau yang fenomental inilah banyak menginspirasi ulama terkemuka untuk menyusun kitab fiqh yang berurutan rapi mulai dari Thaharah, shalat dan seterusnya, diantaranya yang terinspirasi oleh beliau ialah Imam Syaif’I, Imam Bukhori, Imam Abu Dawud dan masih banyak lagi[1],

Akan tetapi tahukah kita bagaimana perjalan hidup beliau yang menjadikan beliau menjadi salah satu ulama yang besar? Bagaimana kepribadian dan filosofi hidup beliau sehingga mampu untuk selalu dikenang walau nyawa sudah tak dikandung badan? dan yang tak kalah penting bagaimana meteodologi yang beliau gunakan dalam berijtihad beliau? Maka dalam kesempatan ini marilah kita mencoba untuk mengupas dan membahas hal-hal yang berkaitan dengan beliau terutama dalam hal metode beliau berijtihad.

PEMBAHASAN
v  Profil Abu Hanifah
Nama beliau yang sebenarnya ialah Nu‟man bin Tsabit bin Marbuzan. Imam Abu Hanifah dilahirkan di Kufah pada tahun 80 H/699 M. Ayahnya keturunan dari bangsa Persia (Kabul, Afganistan). Kakenya Marbuzan masuk Islam pada masa kekhalifahan Umar Ibn Khattab, lalu pindah ke Kufah dan menetap disana[2].
Beliau lebih populer dipanggil Abu Hanifah daripada nama aslinya. Ada banyak riwayat yang menjelaskan tentang asal usul nama tersebut, salah satunya karena salah seorang putranya ada yang dinamakan Hanifah. Dan menurut riwayat yang lain, sebab ia mendapat gelar Abu Hanifah, karena ia adalah orang yang rajin melakukan ibadah kepada Allah dan sungguh-sungguh melakukan kewajibannya dalam beragama. Karena perkataan Hanif dalam bahasa Arab itu artinya cenderung atau condong kepada agama yang benar. Dan ada pula yang meriwayatkan bahwa ia mendapat gelar Abu Hanifah kerana beliau sering dilihat orang membawa botol daqwat ke mana-mana sahaja beliau pergi sebagai persediaan untuk mencatit ilmu pengetahuan daripada mana-mana guru yang beliau temui. Kerana dalam lughat Iraq, Hanifah bererti “Botol Tempat Bekas Dakwat.”[3]
            Imam Abu Hanifah, selain terkenal kewira’iannya dalam mengambil keputusan, beliau juga dikenal sebagai pelopor pertama dalam menyusun kitab fikih secara kelompok-kelompok dalam pengklarifikasiannya. Diawali dari bab bersuci (taharah) kemudian disusul shalat dan seterusnya. Hingga pada generasi ulama berikutnya metode ini diikuti oleh ulama-ulama yang sangat familiar, seperti Malik bin Anas, Imam Syafi’i, Abu Dawud, Bukhari, Muslim dan ulama lainnya.
Abu Hanifah dikenal sebagai orang yang melakukan shalat Shubuh dengan wudhu shalat 'Isya selama empat puluh tahun, tidak pernah sekal pun ia meninggalkan kebiasaan itu. Demikian juga, ia dikenal sebagai orang yang menghatamkan al-Qur'an di satu tempat di mana ia meninggal sebanyak 7000 kali
v  Perjalanan hidupnya
Abu Hanifah kecil tumbuh di Kufah bersama keluarganya yang Muslim, sholeh, kaya dan keluarga yang terpandang. Beliau sering mendampingi ayahnya berdagang sutra d toko. Namun beliau mencoba untuk keluar dari kebiasaan berdagang keluarganya, Abu Hanifah mencoba untuk memiliki kebiasaan pergi ke Masjid Kufah. Karena kecerdasannya yang gemilang, ia mampu menghafal Al-Quran dalam umur yang masih belia. Kebiasaan beliau bermulazamah kepada ulama masih sangat minim karena masih harus mendampingi ayahnya berdagang, dan puncaknya ketika beliau bertemu Syeikh As-Sya’bi, beliaulah orang yang membuka cakrawala kelimuan beliau, karena melihat bakat kecerdasan Abu Hanifah lalu menyarankannya untuk banyak menimba ilmu agama dai para ulama.Nasehat Sya’bi berkesan di hati Abu Hanifah, kemudian mulailah beliau banyak berguru kepada para ulama[4].
Ketika umur beliau menginjak 16 tahun, Ayahnya mengajak untuk menuanaikan ibadah haji, dan mengunjungi makam Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Beliau melihat seorang ulama besar yang sedang mengajarkan hadits di Masjid Nabawi maka beliau bertanya kepada ayahnya siapkah ulama itu?. Ayahnya menjawab bahwa ulama itu ialah salah satu sahabat rasul yang bernama Abdullah bin Harits az-Zubaidi ra kemudian beliau mengikuti halaqoh tersebut dan meriwayatkan sebuah hadits[5]:
من تفقه في دين الله كفاه الله ما أهمه ورزقه من حيث لايحتسب
“Barang siapa yang mendalami (tafaqqohu) Agama Allah, maka Allah akan mencukupkan kebutuhannya serta memberinya rizki dari arah yang tak disangka-sangka”.
Beberapa bulan setelah menunaikan ibadah haji, beliau harus menerima takdir untuk menjadi seorang yatim, ayahnya meninggal ketika Imam Abu Hanifah sedang memperdalami ilmu kalam. Beberapa saat setelah itu beliau bertemulah beliau dengan guru beliau Imam Hammad bin Abi Sulaiman.
Kufah tempat Abu Hanifah tumbuh dan berkembang sedikit banyak telah mempengaruhi pemikiran dan kepribadian beliau. Wilayah ini mewarisi peradaban sejarah yang besar, di samping itu khalifah Abbasiyah menjadi kota ini sebagai basis pemerintahan serta hijrahnya para ulama ke wilayah ini menambah kuat dan strategis gerakan keilmuan. Dan para ulama yang mendominasi wilayah Irak pada saati itu menganut ahli ra’yi maka sudah tidak mengherankan lagi bahwa pemikiran Abu Hanifah terpengaruhi oleh pemikiran ahli ra’yi.
Abu Hanifah dikenal dengan kewaraannya, salah satu contoh akan kewaraannya ia menolak jabatan hakim (qadhi) pada masa pemerintahan bani Umayyah dan Abbasiyah. Yazid bin Hubairah, gubernur Irak pada pemerintahan bani Umayyah, menyiksanya karena tetap menolak menjadi hakim. Pada pemerintahan Abu Ja‟far al-Mansur, khalifah kedua dari Bani Abbas, ia dipanggil untuk pindah ke Baghdad. Saat itu al-Mansur memaksa dan bahkan bersumpah agar Abu Hanifah menerima untuk diangkat sebagai hakim, tetapi ia juga bersumpah untuk tidak menerima jabatan selamanya.
Salah satu alasan Abu Hanifah menolak untuk menjadi hakim (qadhi) begitu sadar bahwa masa depan fiqh harus bebas dari kekangan penguasa. Sebab hanya dengan menghindari ikatan-ikatan kedudukan ia dapat leluasa mengembangkan kajian-kajian fiqhiyah. Itulah sebabnya Abu Hanifah memperjuangkan kebebasan berpendapat dengan segala kekuatan yang dimilikinya. Demikianlah dalam diri Abu Hanifah berkumpul ilmu orang rasionalis yang paling masyhur dan ilmu seorang yang paling wara‟[6].
Mazhab Hanafi adalah sebagai nisbah dari nama imamnya, Imam Hanafi. Jadi mazhab Hanafi adalah nama dari kumpulan-kumpulan pendapat yang berasal dari Imam Hanafi dan murid-muridnya serta pendapat-pendapat yang berasal dari para pengganti mereka sebagai perincian dan perluasan pemikiran yang telah digariskan oleh mereka yang kesemuanya adalah hasil dari pada cara dan metode ijtihad ulama-ulama ahli pemikiran (ahlur ra’yi). Maka mazhab Hanafi disebut juga mazhab ahlur ra’yi. Mazhab ini adalah mazhab yang tertua diantara mazhab-mazhab Ahlu Sunnah. Mazhab Hanafi banyak berkembang awalnya di Baghdad dan Kufah, namun kemudian terus meluas sampai ke daerah-daerah lain, khususnya yang pernah berada di bawah kekuasaan Abbasiyah, seperti Mesir, Syam, Tunis, Jazair, Tripoli, Yaman, India, Parsi, Romawi, Cina, Bukhara, Afghan,Pakistan, Turkistan bahkan Brazil. Sampai saat ini bisa dikatakan Mazhab Hanafi banyak dipakai di Irak, Syam/Syiria, India, Turkistan, negera-negara Kaukasia, Turki, Albania dan di kawasan Balkan[7].

v  Guru-Guru beliau
Jumalah guru beliau dalam rangka pengembaraan ilmu mencapai 4000 Ulama, diantaranya: 7 guru berasal dari sahabat, 93 berasal dari tab’in, dan sisanya berasal dari tabi’ tabi’in. banyak guru beliau ini tidaklah aneh karena beliau dikaruniai umur 70 tahun, beliau juga berhaji sebanyak 55 kali dan pada waktu musim haji itulah berkumpulnya para ulama dari berbagai belahan dunia di kota Makkah dan Madinah[8]. Akan tetapi guru yang paling lama beliau ialah Syeikh Hammad.
Menurut para ahli sejarah bahwa diantara para guru Imam Hanafi yang terkenal[9]:
1) As-Sya’bi : Beliau sangat alim. Di katakan seorang ulama’ lautan ilmu. Beliau adalah guru Imam Abu Hanifah yang pertama sekali. Nama beliau yang sepenuhnya ialah Amir bin Syurhabil. Lahir pada tahun 17 hijrah di masa Umar menjadi khalifah. Beliau menjadi qadhi di khufah selepas Syuraih bin al-Harith al-Kindi. Beliau belajar kepada generasi sahabat terutama kepada Abdullah bin Abbas, Abu Hurairah, Sayyidah Aisyah, Abdullah bin Umar dan ramai lagi. Beliau amat alim dalam ilmu feqah dan seorang penghafal hadith. Beliau berfatwa ketika ramai lagi para sahabat masih hidup.
Ketika Imam Abu Hanifah berusia 10 tahun, Asy-Sya’bi telah berumur 73 tahun. Namun kerana usianya yang panjang, Imam Abu Hanifah sempat berguru kepadanya. Beliau meninggal dunia pada tahun 104 hijrah ketika 87 tahun.
Kealiman beliau diakui oleh ulama’-ulama’ sezaman dengan beliau. Muhammad bin Sirin, seorang ulama’ besar sezaman dengan beliau dan bekas hamba kepada Anas bin Malik berkata kepada seorang yang bernama Abu Bakar al-Huzali, “Tetaplah kau bersama Asy-Sya’bi, kerana sesungguhnya aku melihat beliau memberi fatwa pada ketika sahabat-sahabat Rasulullah saw masih ramai lagi jumlahnya.” .
2) Hammad bin Abi Sulaiman: Di dalam mencari orang yang akan memberi pelajaran agama kepadanya, Imam Abu Hanifah telah memilih guru-guru tertentu untuk ditekuninya. Pada mulanya beliau belajar kepada Imam Asy-Asy’bi, yaitu seorang ulama’ peringkat Tabi’en yang kuat berpegang kepada aliran ahli hadith, walaupun beliau tinggal di Kuffah yang penuh dengan ulama’ ahli fikir atau ahli rayi’.
Ketika Imam Abu Hanifah belajar kepadanya, Imam Asy-Sya’bi melihat pada diri Imam Abu Hanifah tanda-tanda kecerdikan dan menasihati beliau supaya mempelajari ilmu fiqh secara mendalam. Nasihat ulama’ besar itu diterima baik oleh Imam Abu Hanifah, lalu dia membulatkan tekadnya untuk belajar ilmu feqah dengan bersungguh-sungguh.

Dengan itu, beliau lantas mencari guru yang sesuai kerana beliau mempunyai prinsip yang tersendiri di dalam belajar sebagaimana kata beliau, “ Aku berada di dalam majlis ilmu fiqh. Aku menghadiri majlis ulama’nya dan aku menekuni pada salah seorang daripadanya.” Akhirnya beliau telah menjumpai seorang guru yang beliau sifatkan mempunyai ciri-ciri yang istimewa. Guru itu bernama Hammad bin Abi Sulaiman.
Hammad adalah guru yang paling beliau sayangi dan paling lama beliau balajar. Imam Abu Hanifah belajar kepada Imam Hammad bin Abi Sulaiman selama 18 tahun sejak dari usianya 22 tahun sampailah 40 tahun, iaitu sampai Hammad meninggal dunia. Kerana sangat menyayangi Imam Hammad, tatkala mendapat seorang anak lelaki beliau menamakannya Hammad.
Kenapa Imam Abu Hanifah begitu meminati Hammad? Ini adalah kerana beliau melihat kelebihan Hammad yang agak sukar didapati pada ulama’ lain. Ciri-ciri yang ada pada Hammad adalah seperti yang dinyatakan sendiri oleh beliau, “Aku dapati Hammad adalah seorang syeikh yang besar, lagi banyak sabar dan mempunyai hemah yang tinggi.”
3)  Ibrahim bin Yazid An-Nakha’i: Nama beliau sepenuhnya ialah Ibrahim bin Yazid bin Qais an-Nakha’I al-Kufi. Beliau belajar kepada Masruq bin Ajda’, seorang tabi’en besar murid Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah, kepada Alqamah bin Qais an-Nakha’I, bapa saudaranya sendiri, kepada Syuraih bin al-Harith al-Kindi, Qadhi Besar Kufah sejak zaman Umar sampailah ke zaman Mu’awiyah.
            Imam Abu Hanifah belajar kepada Ibrahim tidak lama. Ini adalah kerana ketika Ibrahim an-Nakha’I meninggal dunia, usia Imam Abu Hanifah baru menjangkau 16 tahun. Beliau dianggap sebesar-besar ulama’ ahli ra’yi di Kufah. Ulama’-ulama’ kufah mengakui kealiman serta kelebihannya dalam bidang ilmu pengetahuan khasnya dalam bidang ilmu fiqh.
            Asy-Sya’bi berkata “Sesungguhnya Ibrahim an-Nakha’I tidak meninggal di belakangnya seorang yang lebih alim daripadanya.” Kemudian beliau ditanya orang, “Adakah Ibrahim an-Nakha’I mengatasi al-Hassan al-Basri dan Muhammad Ibn Sirin di dalam ilmu pengetahuan?.” Jawab Asy-Sya’bi, “Bahkan Ibrahim yang terlebih alim, malah beliau mengatasi semuanya sama ada ulama’-ulama’ yang berada di Basrah, Kufah, Hijaz dan juga Syam.”
            Beliau terkenal amat tawadhu’ dan wara’, sehingga dikatakan waktu beliau mengajar, kepalanya tidak memandang ke muka atau ke atas, menunduk ke lantai. Perkataannya manis dan lemah lembut. Ibrahim an-Nakha’I meninggal dunia pada tahun 96 hijrah semasa sedang bersembunyi dari kekejaman al-Hajjaj bin Yusuf ath-Thaqafi, gabenor Iraq di akhir pemerintahan Khalifah al-Walid bin Abdul Malik bin Marwan kerana mahu menumpah darah.
4) Alqamah bin Qais an-Nakha’I: Alqamah ialah Alqamah bin Qais bin Abdullah bin Malik an-Nakha’I al-Kufi. Beliau adalah sealim-alim ulama’ kufah dari murid Ibnu Mas’ud. Dikatakan beliau dilahirkan pada waktu Rasulullah saw masih hidup lagi, tetapi ketika Rasulullah S.A.W wafat, beliau masih kanak-kanak yang belum mengerti apa-apa.
            Beliau belajar dan meriwayatkan hadith dari Umar, Uthman, Ali dan Ibnu Mas’ud. Beliau digelar Alqamah ar-Rawi, yang bererti Alqamah si Perawi Hadith. Ibnu Mas’ud adalah guru al-Qamah yang paling lama dan yang paling dekat dengannya. Beliau belajar dengan Ibnu Mas’ud dengan kesungguhan yang luar biasa sehingga Ibnu Mas’ud mengakui kealimannya.
            Kabus bin Zabyan berkata kepada ayahnya, “Kenapa ayah bertanya masalah kepada Alqamah dengan meninggalkan para sahabat?” Zabyan menjawab, “Aku sempat melihat beberapa orang sahabat Rasulullah telah bertanya dan meminta fatwa daripadanya.”
            Imam Az-Zahabi, seorang ulama’ Hadith yang termahsyur berkata, “Alqamah adalah seorang yang faqih dimana beliau mengamalkan ilmunya, alim, bijak, warak, pembaca al-Quran yang merdu suaranya dan seorang perawi Hadith yang sangat tepat memindah Hadith, di mana matan-matan hadith yang di pindahnya tidak berubah.Beliau di katakan sangat menyerupai gurunya Ibnu Mas’ud terutama dalam sifat-sifat kelebihan dan keutamaannya. Selain terkemuka sebagai ulama’ besar yang alim lagi faqih dalam bidang ilmu pengetahuan, Alqamah juga merupakan seorang kepala perang yang berani dan mempunyai pengaruh besar di Kufah.[10]
v  Murid-Murid Imam Abu Hanifah
Menurut riwayat bahwa Imam Abu Hanafi mempunyai murid yang luar biasanya banyaknya, namun dari seluruh murid-muridnya itu ada empat murid yang terpandang dan terkenal sampai sekarang:
1)    Imam Abu Yusuf Ya’qub bin Ibrahim Al-Ansori (113 - 182 H). Sebelum berguru kepada Imam Hanafi beliau telah menimba ilmu selama 9 tahun dari Imam Abu Laila di Kufah. Selanjutnya beliau berguru kepada Imam Hanafi sehingga jadilah seorang yang faqih, ulama, dan hafiz (ahli hadits). Beliau pula yang menghimpun catatan- catatan dan pelajaran dari Imam Hanafi serta menyebarkan di berbagai tempat. Beliau sempat menjabat qadhi atau hakim dalam beberapa masa kekhalifahan Abbasiyah. Beliau menulis banyak kitab tentang masalah-masalah ibadah, jual beli, hudud (hukum pidana) dan lainnya. Kitabnya yang paling terkenal adalah “al-Kharaj” yang ditulis atas permintaan khalifah ar-Rasyid. Kitab ini dianggap sebagai referensi utama Ekonomi Islam. Kitabnya yang lain adalah “al-Atsar” dan “al-Raad ala Sairi al-Auza‟i fi ma Mahala fihi Abu Hanifah” dan lainnya
2)    Imam Abu Abdillah Muhammad bin Hasan bin Farqad Asy-Syaibani (132-189 H). mulai usia dini beliau gemar menuntut berbagai macam ilmu agama, kemudian bebrapa ulama Irak merekomendasikan beliau untuk belajar kepada Imam Hanafi, ketika beliau berumur 20 tahun Imam Hanafi wafat, kemudian beliau melanjutkan pengembaraan ilmunya kepada Imam Abu Yusuf yang merupakan murid Imam Hanafi yang paling terkenal. Akhirnya beliau menjadi ulama yang besar dan beliau termasuk ulama ahli ra’yi. Beliau juga ahli dalam pemecahan istilah dan ilmu berhitung. Ia konsisten dengan pekerjaan menulis dan menghasilkan banyak kitab, diantaranya, al-Mabsuth, az-Ziyadat, al-Jami‟ al-Kabir, al-Jami‟ as-Shagir, as-Sair al-Kabir, as-Sair as-Shagir, ar-Rad ala ahli al-Madinah dan lainnya.
3)    Imam Zafar bin Hudzail bin Qais (110 – 158 H). pada mulanya pada mulanya beliau rajin mempelajari ilmu hadist, kemudian berbalik pendirian amat suka mempelajari ilmu akal atau ra’yi kepada Imam Abu Hanifah, sesudah Imam wafat beliau menimba ilmu kembali kepada Imam Abu Yusuf dan Imam Muammad bin Hasan. Beliau terkenal sebagai mantan murid Imam Hanafi yang ahli qiyas, tergolong sebagai orang yang terbaik pendapat-pendapatnya dan pandai mengupas soal-soal agama. Zufar pernah menjabat hakim di Bashrah. Pada mulanya, banyak ulama yang benci dan berburuk sangka kepada Abu Hanifah. Zufar lalu menerangkan dan menjelaskan kepada mereka secara menakjubkan sehingga mereka simpati kepadanya. Ia melakukan hal ini secara kontinyu. Akhirnya banyak orang-orang yang dulu benci menjadi suka kepada Abu Hanifah.
4)    Imam Hasan bin Ziyad Al-Lu’lui al-Kuti (wafat tahun 204 H). Beliau merupakan salah satu murid Imam Hanafi yang terkenal dalam meriwayatkan hadits.  Setelah wafatnya Imam, beliau menimba ilmu kepada Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad bin Hasan. . Ia menjabat qadhi di Kufah pada tahun 194 H dan menulis beberapa kitab antara lain, Aadab al-Qadhi, al-Khishal, Ma‟ani al-Iman, an-Nafaqat, al-Kharraj, al-Faraidh, al-Washaya, al-Mujarraddan al-Amali.
v  Metode berijtihad beliau
Imam Abu Hanifah berguru kepada ulama-ulama Irak yang beraliran rasionalis (Ahlu Ra’yi), mula-mula beliau belajar ilmu agama, kemudian ilmu kalam.akan tetapi di fokuskan kepada masalh fiqh saja tanpa mengecilkan fadhilah ilmu yang lain[11]
Secara garis beliau metode ijtihad yang beliau gunakan, disebutkan dalam kitab Al-Intiqo’ bahwa beliau berkata:
اخذ بكتاب الله تعالى، فإن لم أجد فبسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فإن لم أجد في كتاب الله ولا في سنة رسول الله صلى الله عليه و سلم أخذت بقول الصحابة، اخذ من شئت منهم وأدع قول من شئت منهم، ولا أخرج عن قولهم إلى قول غيرهم، فإذا انتهى الأمر-أو جاء-إلى إبراهيم والشعبي و ابن سيريم و الحسن و عطاء و سعيد بن المسيب-وعدد رجالا-فقوم اجتهدوا. فأجتهد كما اجتهدوا[12]
“Saya mengambil dari Kitabullah jika ada, jika tidak saya temukan maka dari Sunnah dan Atsar Rasulullah SAW yang shahih dan saya yakini kebenarannya, jika tidak saya temukan di dalam Kitabullah dan Sunnah Rasulullah صلى الله عليه وسلم, saya mencari perkataan sahabat, saya ambil yang saya butuhkan dan saya tinggalkan yang tidak saya butuhkan, kemudian saya tidak akan mencari yang di luar perkataan mereka, jika permasalahan berujung pada Ibrahim, Sya’bi, Al-Hasan, Ibnu Sirrin dan Sa’id bin Musayyib(karena beliau menganggap mereka adalah mujtahid) maka saya akan berijtihad sebagaimana mereka berijtihad”
Jika kita rincikan metode yang dipakai Imam Hanafi ada sekitar 7 Ushul Istinbath (dasar-dasar hukum) , yaitu:
1)    Al-Qur’an: Imam Hanafi memandang Al-Qur’an sebagai sumber pertama pengmabilan hokum sebgaimana imam-imam lainnya. Hanya saja beliau berbeda dengan sebagian mereka dalam menjelaskan maksud(dilalah) Al-Qur’an, seperti dalam masalah mafhum mukhalafah.
2)    Al-Hadits: Imam Hanafi juga memandang Al-Hadits sebagai sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an sebagaimana imam-imam yang lain. Yang berbeda adalah beliau menetapkan syarat-syarat khusus dalam penerimaan  sebuah hadits yang memperlihatkan bahwa Abu Hanifah bukan saja menilai sebuah hadits dari sisi sanar(perawi), akan tetapi juga meneliti dari sis matan(isi) hadits dengan membandingkan hadits-hadits lain dan kaidah-kaidah umum yang telah baku dan disepakati.
3)    Ijma’ : Imam Hanafi mengambil ijma’ secara mutlak tanpa memilah-milah namun setelah meneliti kebenaran terjadinya ijma’ tersebut.
4)    Perkataan Sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم: metode beliau adalah jika terdapat banyak perkataan sahabat, maka beliau mengambil sesuai dengan ijtihadnya tanpa harus keluar dari perkataan sahabat yang ada itu, dan jika ada beberapa pendapat dari kalangan tabi’in beliau lebih cenderung berijtihad sendiri.
5)    Qiyas (analogi): Imam Hanafi menggunakannya jika mendapatkan permasalahn yang tidak ada nash yang menunjukkan pemecahan permasalahan secara langsung atau tidak langsung. Disinilah Nampak kelebihan Imam Hanafi dalam mencari sebab (ilat) hukum.
6)    Istihsan: keluar atau menyimpang dari keharusan logika menuju hukum lain yang menyalahinya dikarenakan tidak tepatnya qiyas atau qiyas tersebut berlawanan dengan nash. Dibandingkan dengan imam-imam yang lain. Imam Hanafi adalah orang yang paling sering menggunakan istihsan dalam menetapkan hukum.
7)    ‘Urf: adat kebiasaan orang muslim pada suatu masalah tertentu yang tidak ada nashnya dalam Al-Qur’an, Sunnah dan belum ada prakteknya pada masa sahabat. Dalam masalh ini hanafi juga termasuk orang yang banyak memakai ‘urf dalam masalah-masalah furu’(cabang).
Contoh Pemikiran-pemikiran Abu Hanifah dalam bidang fiqh, diantaranya:
Pertama, mempermudah dalam hal urusan ibadah dan muamalah. Misalnya, Abu Hanifah berpendapat bahwa jika badan atau pakaian terkena najis, maka boleh dibasuh dengan barang cair yang suci, seperti air bunga mawar, cuka, dan tidak terbatas pada air saja. Dalam hal zakat, Abu Hanifah membolehkan zakat dengan nilai (uang) sesuai dengan banyaknya kadar zakat.
Kedua, berpihak pada yang fakir dan lemah. Contohnya, Abu Hanifah mewajibkan zakat pada perhiasan emas dan perak, sehingga zakat itu dikumpulkan untuk kemaslahatan orang-orang fakir. Abu Hanifah berpendapat, orang yang punya utang tidak wajib membayar zakat jika utangnya itu lebih banyak dari uangnya. Ini menunjukkan belas kasihnya kepada orang yang punya utang.
Ketiga, pembenaran atas tindakan manusia sesuai dengan kadar kemampuannya. Abu Hanifah berusaha menjadikan amal manusia itu benar dan diterima selagi memenuhi syarat-syaratnya. Contohnya ia berpendapat bahwa Islamnya anak kecil yang berakal tapi belum baligh dianggap sebagai Islam yang benar seperti halnya orang dewasa.
Keempat, Bahwa perempuan boleh menjadi hakim di pengadilan yang tugasnya khusus menangani perkara perdata, bukan perkara pidana. Alasannya, karena perempuan tidak boleh menjadi saksi pidana, ia hanya dibenarkan menjadi saksi perkara perdata. Karena itu menurutnya, perempuan hanya boleh jadi hakim yang menangani perkara perdata. Dengan demikian, metode ijtihad yang digunakannya adalah qiyas dengan menjadikan kesaksian sebagai al-ashl dan menjadikan hakim perempuan sebagai al-Far‟i.
Kaidah-kaidah brilian dan selaras inilah yang membuat Abu Hanifah layak mendapatkan gelar “Imam Ahlu ar-Ra‟yi”. Ini tidak berlebihan, karena beliau telah berjuang dan berusaha keras menggunakan qiyas pada hukum-hukum yang tidak ada dasarnya dalam nash. Selain itu, Abu Hanifah juga menguasai ilmu ber-istimbath (menggali hukum) dari hadits, sehingga dapat mengambil intisari yang bermanfaat bagi umat, dan tidak bertentangan dengan nashnya..
Diantara poin penting yang menjadikan mahzab ini banyak menyebar adalah:
1.    Banyaknya murid Imam Hanafi dan perhatian mereka dalam menyebarkan dan menjelaskan pendapat-pendapat Imam mereka.
2.    Mazhab Hanafi dijadikan sebagai mazhab resmi negara semasa kekuasaan Abbasiyah.
3.    Pengangkatan Imam Abu Yusuf sebagai Qadhi al-Qudhah (hakim tertinggi) yang memiliki kekuatan dalam memilih qudhahi (hakim-hakim) di daerah-daerah, dan para hakim tersebut selalu memakai pendapat Imam Abu Yusuf dalam memutuskan perkara-perkara.
4.    Perhatian besar ulama-ulama Mazhab ini dalam percepatan pertumbuhan Mazhab Hanafi dengan mencurahkan kemampuan mereka dalam mencari ilat hukum dan sekaligus mempraktekkannya dalam banyak masalah-masalah baru yang timbul. Hal ini menjadi Mazhab ini selalu memiliki solusi-solusi dalam setiap permasalahan.

v  Karya-Karya Imam Abu Hanifah
Pada era Imam Hanafi budaya membukukan kitab atau mencetaknya masih terlalu minim beliau juga tidak mempunyai banyak waktu untuk membukukan karya-karyanya karena disibukkan dengan mengajar setiap selepas shalat subuh sampai shalat dhuha dan ba’da ashar sampai malam, sehingga perlu kita catat bahwa kitab-kitab yang beliau tulis tidak begitu banyak[13]. Muhammad Abu Zahrah menjelaskan bahwa Abu Hanifah tidak menulis kitab secara langsung kecuali beberapa “risalah”, diantaranya: beliau menulis tentang ilmu fiqh  yang dinamakan al-Fiqh al-Akbar, Fiqh Ausat dan kitab al-Alim wa al-Muta‟alim, kemudian beliau juga menulis kitab ar-risalah yang di tujukan kepada Maqatil bin sulaiman(shahibut tafsir) serta menulis ar-risalah (الوصايا (yang ditujukan kepada Utsman al-Bati (faqihul Basrah)[14].
Diceritakan bahwa Imam Abu Yusuf merupakan orang yang pertama menulis beberapa buku berdasarkan mazhab Hanafi dan menyebarkannya ke berbagai daerah untuk dipelajari. Demikian pula halnya dengan Muhammad ibn al-Hasan asy-Syaibani banyak menimba ilmu dari Abu Hanifah dan menyebarkan pemikiran-pemikiran beliau melalui karya-karyanya. Dari sejumlah sumber, menyebutkan bahwa Abu Hanifah sendiri tidak meninggalkan karya atau buku yang ditulisnya langsung, kecuali apa yang dinukil oleh para murid beliau.
Abu Zahrah, menceritakan bahwa penulisan di bidang ushul fiqh untuk pertama kali disusun oleh murid Imam Abu Hanifah. Hal senada juga disebutkan oleh pengikut dan para muridnya. Diantara murid Abu Hanifah yang paling terkenal dan merupakan orang yang pertama menulis buku ushul fiqh berdasarkan pandangan Abu Hanifah adalah Imam Abu Yusuf (w. 182 H). Dan karya Abu Yusuf ini pada akhirnya menjadi pegangan mazhab Hanafi, dalam ushul fiqh.
Menurut penuturan Imam Nadim sebagaimana dikutip oleh Tengku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, bahwa Abu Yusuf dan Zafar adalah dua orang murid yang sangat berjasa dalam merumuskan dan mengembangkan pemikiran Abu Hanifah dan mazhab ushul Hanafi. Abu Yusuf sendiri banyak menghasilkan karya-karya yang didasarkan kepada mazhab Hanafi, seperti kitab az-Zakah, as-Shiyam, al-Faraidh, al-Hudud, al-Kharaj dan al-Jami‟. Dan diantara karya Abu Yusuf yang terkenal adalah kitab al-Kharaj.
Selain Abu Yusuf dan Zufar, Muhammad ibn Hasan asy-Syaibani juga salah seorang murid Abu Hanifah yang terkenal dan berjasa dalam mengembangkan mazhab Hanafi. Ibn Hasan mengikuti cara-cara istimbath yang telah dirintis oleh Abu Yusuf berdasarkan pemikiran Abu Hanifah.
Dalam usaha itu mengkodifikasikan madzhab hanafi, ulama Hanafiyah membagi hasil pengkodifikasian itu dibagi kepada 3 tingkatan, yaitu:
1) Tingkat pertama dinamakan Masailul –Ushul (masalah-masalah pokok)
Merupakan suatu kumpulan kitab yang bernama Zhaahirur riwayat yaitu pendapat-pendapat Abu Hanifah yang terdapat dalam kumpulan kitab itu mempunyai riwayat yang diyakini kebenarannya karena diriwiyatkan oleh murid-murid dan sahabat-sahabat beliau yang terdekat dan kepercayaannya. Kitab zhahirur riwayat dihimpun oleh Imam Muhammad bin Hasan terdiri atas 6 kitab yaitu:  Kitab Al Mabsuth, Kitab Al-Jaami’ush shaghir, Kitab Al Jaami’ul Kabir, Kitab As-Sairu Al-shaghir, Ktab As-Sairul Kabiir, Kitab Az-Ziyaadat. Keenam buku tersebut dikumpulkan dalam Mukhtashar al-Kafi yang disusun oleh Abu Fadhal Al-Muruzi
2) Tingkat kedua ialah kitab Masaa-ilun Nawadhir (persoalan langka)
Merupakan persoalan yang diriwiyatkan dari pasa pemuka mazhab di atas, tetapi tidak diriwayatkan dalam buku-buku yang sudah disebut tadi, diriwayatkan dalam buku-buku lain yang ditulis oleh Muhammad, seperti Al-Kisaniyat, Al-Haruniyyat, Al-Jurjaniyyat, Al-Riqqiyyat, Al-Makharij Fil Al-Hayil dan Ziyadat Al Ziyadat yang diriwayatkan oleh Ibnu Rustam. Buku-buku tersebut termasuk buku mengenai fiqih yang diimlakan (didiktekan) oleh Muhammad. Riwayat seperti itu juga disebut ghair zhahir al-riwayah karena pendapat-pendapat itu tidak diriwayatkan dari Muhammad dengan riwayat-riwayat yang zhahir (tegas) kuat, dan shahih seperti buku-buku pada kelompok pertama.
3) Tingkat yang ketiga dinamakan Al-Fataawa Al-Waaqi’aat (kejadian dan fatwa)
Merupakan kumpulan pendapat sahabat-sahabat dan murid-murid Imam Abu Hanifah. Buku pertama mengenai al-Fatawa ialah Al-Nawazil ditulis oleh Faqih Abu Laits Al-Samarqandi. Setelah itu sekelompok syaikh menulis buku yang lain seperti Majmu’ al-Nawazil wa al-Waqiat yang ditulis oleh Al-Nathifi dan Al-Waqiat yang ditulis oleh Shadr A-Syahid Ibnu Mas’ud[15]

v  Ketokohan Imam Abu Hanifah
Menurut riwayat yang telah banyak diriwayatkan oleh sebagian ulama ahli hadits bahwa sesungguhnya Nabi صلى الله عليه وسلم pernah bersabda; “ Jika sekiranya ilmu pengetahuan itu tergantung di bintang tsuraya niscaya akan dicapai oleh beberapa orang dari keturunan bagsa Persia”. Berhubung dengan adanya hadits ini, diantara para ulama ada yang memberi keterangan bahwa hadits ini mengandung basyirah (berita gembira) dari Nabi صلى الله عليه وسلم. Yang dimaksud dengan kata-kata “beberapa orang dari keturunan bangsa Persia” itu antara lain ialah yang mulia Imam Abu Hanifah. Karena beliau itu adalah seorang dari keturunan bangsa Persia dan beliaupun di kala hayatnya tidak ada seorangpun yang dapat membandingi tentang ilmu pengetahuannya, kecerdasan fikirannya, keluhuran budinya dan keteguhan jiwanya.
Sepanjang riwayat, bahwa mazhab Hanafi dikembangkan oleh sahabat yang sekaligus murid beliau, diantaranya Imam Abu Yusuf dan Imam Zufar. Pada masa pemerintahan khalifah Harun ar-Rasyid menjabat kepala negara bagi dunia Islam, beliau menyerahkan urusan kehakiman kepada Imam Abu Yusuf. Maka segenap urusan kehakiman dalam kerajaan ar-Rasyid ada di tangan kekuasaannya. Urusan resmi di tiap-tiap kota pada masa itu, seperti Iraq, Khurasan, Syam, Mesir bahkan sampai ke Tapal batas Afrika beliau serahkan kepada orang yang dipercayainya. Beliau tidak menyerahkan jabatan itu, melainkan kepada orang yang menjadi sahabatnya dan yang sependirian dengan mazhabnya (mazhab Hanafi).
Dengan terpilihnya Imam Abu Yusuf menjadi qadli, maka segenap qadli dan hakim di segenap daerah dan kota di kala itu pada umumnya yang terdiri dari para ulama‟ yang bermazhab Hanafi menjadi gemar mempelajari kitab-kitab yang beraliran Hanafi, karena ingin mendapat kedudukan atau pangkat. Demikianlah permulaan tersiarnya aliran mazhab Imam Abu Hanifah.
Selanjutnya mazhab Imam Hanafi baru dikenal orang Mesir sesudah tahun 164 H. Karena di kala itu telah diangkat oleh kepala negara al-Mahdi seorang qadli yang bermazhab Hanafi yang mula-mula menyiarkan mazhab Hanafi di Mesir. Terutama selama pemerintahan Islam ada di tangan para kepala negara dari keturunan Abbasiyah, makin berkembanglah mazhab ini di Mesir sampai tahun 358 M.
Tatkala Mesir berada di tangan kekuasaan para raja keturunan Fatimiyyah. Dibawa pula ke sana aliran mazhab mereka yaitu mazhab Syi‟ah al-Ismailiyyah. Tidak saja mazhab ini tersiar di sana karenanya, tetapi kedudukan qadli dipengaruhi juga oleh mazhab itu. Bahkan mazhab Syi‟ah pernah menjadi mazhab pemerintahan dengan resmi.
Setelah pemerintahan Mesir jatuh ke tangan al-Ayyubi, mereka menindas dan mengikis habis mazhab itu. Kemudian kerajaan al-Ayyubi mendirikan sekolah-sekolah untuk mencetak ulama‟ di masa mendatang yang mengikuti mazhab Syafi‟i dan Maliki. Sultan Salahuddin al-Ayyubi juga mendirikan sekolah untuk memberikan pengajaran mazhab Hanafi. Sejak saat itu mazhab Hanafi mendapat kekuatan kembali untuk berkembang di tengah-tengah Mesir. Pada tahun 641 H Sultan Saleh Najmuddin mendirikan madrasah yang dinamakan madrasah as-Shalihiyyah. Dalam madrasah ini diberikan pengajaran-pengajaran mazhab empat yang masyhur, yaitu mazhab Hanafi, Maliki, Syafi‟i dan Hambali sebagai tindakan pembalasan untuk membasmi aliran-aliran mazhab yang lain.
Pada umumnya penduduk di Afrika (Algeria, Tunisia dan Tripoli) adalah pengikut mazhab Hanafi yang dibawa oleh Ibnu Farukh Abu Muhammad al-Farisi. Kemudian ia menyerahkan urusan kehakiman kepada Assad bin Farrat bin Sinan yang dapat mengembangkan aliran mazhab Hanafi di sana. Demikian sehingga datang kesana al- Mu‟iz bin Badis dengan membawa aliran mazhab Maliki lalu dapat menarik sebagian besar penduduknya untuk memeluk mazhab Maliki. Namun masih ada sebagian kecil dari mereka yang masih tetap menganut mazhab Hanafi.
Keluarga raja di Tunisia adalah pengikut mazhab Hanafi. Urusan kehakiman di sana diserahkan kepada dua qadli yang beraliran Hanafi dan Maliki. Demikian pula mufti besar di sana juga ada dua, yaitu yang bermazhab Hanafi dan yang bermazhab Maliki. Tetapi yang bertanggung jawab keseluruhannya ialah yang bermazhab Hanafi.
Sepanjang riwayat setelah Mesir jatuh ke tangan kekuasaan bangsa Turki, maka kedudukan qadli dan urusan kehakiman diserahkan kepada ulama yang bermazhab Hanafi. Karena mazhab Hanafi menjadi mazhab resmi bagi pihak kerajaan Usmaniyyah dan bagi segenap pembesar negara. Dengan demikian bahwa sebagian besar pendudu Mesir terpengaruh oleh mazhab Hanafi dengan tujuan agar mudah mendapatkan kedudukan qadli atau hakim. Sekalipun demikian nama mazhab Hanafi tidaklah begitu tersiar ke dusun-dusun dan ke hulu-hulu Mesir tetapi terbatas di dalam kota saja. Kebanyakan penduduk Dusun dan Hulu daerah Mesir tetap bermazhab Syafi‟i.[16]
Selanjutnya mazhab Hanafi tersiar dan berkembang di negeri-negeri Syam, Iraq, India, Afganistan, Kaukasus, Turki dan Balkan negeri-negeri yang lain . Demikianlah diantara riwayat tersiarnya mazhab Imam Hanafi di dunia ini.

v  Wafatnya Imam Abu Hanifah
Di akhir-akhir hidup beliau beliau harus mendapatkan ujian yang berat yaitu hukuman dari khalifah Abbasyiah akibat penolakannya untuk menjabat sebagai hakim pada saat itu, beliau harus masuk penjara, mendapatkan beberapa cambukan serta harus menjalani tahanan rumah.
Selang beberapa hari setelah mendapatkan tahanan rumah, ia terkena penyakit, semakin lama semakin parah. Akhirnya ia wafat pada tahun 150 H diusianya yang ke-70 . Berita kematiannya segera menyebar. Salah seorang ulama Kufah berkata, "Cahaya keilmuan telah dimatikan dari kota Kufah, sungguh mereka tidak pernah melihat ulama sekaiber dia selamanya." Yang lain berkata, "Kini mufti dan fakih Irak telah tiada."[17]
Jasadnya dikeluarkan dipanggul di atas punggung kelima muridnya, hingga sampai tempat pemandian, ia dimandikan oleh Al-Hasan bin Imarah, sementara Al-Harawi yang menyiramkan air ke tubuhnya. Ia disalatkan lebih dari 50.000 orang. Dalam enam kali putaran yang ditutup dengan salat oleh anaknya, Hammad. Ia tak dapat dikuburkan kecuali setelah salat Ashar karena sesak, dan banyak tangisan. Ia berwasiat agar jasadnya dikuburkan di Kuburan Al-Khairazan, karena merupakan tanah kubur yang baik dan bukan tanah curian[18].
PENUTUP
v  Kesimpulan
Nama lengkap Imam Abu Hanifah adalah al-Nu’man ibn Tsabit Marbuzan al-Farisi, dilahirkan di Kufah pada 80 Hijriah. Beliau salah satu dari keempat tokoh Madzahibul al-Arba’ah termasyhur dan berkembang di dunia islam. Masa kecil Abu Hanifah berbeda dengan ketiga Imam fikih lainnya yaitu Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad. Pasalnya ketiganya memulai menimba ilmu sejak usia dini, sedangkan Abu Hanifah tidak demikian. Ketika kecil beliau berprofesi sebagai pedagang dan sering berlalu lalang, pulang pergi kepasar untuk membiayai kehidupan keluarga.
Pemikiran beliaupun mulai tergugah dan terbentuk dalam satu paradigma yang kuat, ketika beliau menaruh perhatian besar pada ilmu pengetahuan dan berbagai pendapat peninggalan para sahabat Irak. Hingga menjadikan beliau berani berdialog dan berdebat dengan penganut agama dan aliran yang berbeda.
Imam Abu Hanifah meninggal dunia pada bulan Rajab tahun 150H/767M ketika berusia 70 tahun.

v  DAFTAR PUSTAKA
Sulaiman, Wahbay Ghowahbi. 1995. Abu Hanifah An-Nu’man. Beirut: Darul Qolam.
Nurkholis, Mujiyono. 1994. Kehidupan, pemikiran, dan perjuangan 5 Imam Madzhab Terkemuka; terjemah A’immatul Fiqh At-Tis’ah .Bandung.
Abdul, Ibnu Barri, Al Intifa’
http://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Hanifah
https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah




[1] Wahbay Sulaiman Ghowahbi, Abu Hanifah An-Nu’man, Beirut: Darul Qolam, 1995, Cet IV. Hal 107
[2] Ibid hal 47
[3] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[4] Ibid, hal 49.
[5] Ibid hal 101      
[6] https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
[7] Ibid hal 243
[8] Ibid hal 56.
[9] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[10] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[11] Mujiyono Nurkholis, kehidupan, pemikiran, dan perjuangan 5 Imam Madzhab Terkemuka;terjemah A’immatul Fiqh At-Tis’ah(Bandung,1994), hal.46
[12] Ibnu Abdul Barri, Al Intifa’, hal 82
[13] Ibid, hal 290
[14] Ibid, hal 300
[15] Wahbah Zahayly, Al Fiqh Al Islami Wa’adillatuh, (Terj) Agus Efendi, Bahrudin Fanani, Zakat Kajian Berbagai Mazhab, Bandung : Remaja Rosdakarya,1995, cet. Pertama, hal 53
[16] https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
[17] http://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Hanifah
[18] Ibid, hal 365

No comments:

Post a Comment