By Qosdan Dawami
PENDAHULUAN
v Latar belakang
Siapakah yang tak kenal Imam Abu Hanifah?
Apalagi bagi seorang mahasiswa yang kuliah di Pakistan pasti sudah tak asing
lagi dengan nama beliau, madzhab beliau serta ajaran madzhabnya karena Pakistan
merupakan salah satu Negara yang mayoritas penduduknya mengikuti madzhab Imam
Hanafi.
Beliau merupakan salah satu dari empat Imam madzhab, beliau juga Ulama yang
pertama kali menyusun kitab fiqh berdasarkan bab-bab yang berurutan rapi
sehingga memudahkan bagi kita untuk mempelajari dan mengamalakannya, berkat
karya beliau yang fenomental inilah banyak menginspirasi ulama terkemuka untuk
menyusun kitab fiqh yang berurutan rapi mulai dari Thaharah, shalat dan
seterusnya, diantaranya yang terinspirasi oleh beliau ialah Imam Syaif’I, Imam
Bukhori, Imam Abu Dawud dan masih banyak lagi[1],
Akan tetapi tahukah kita bagaimana
perjalan hidup beliau yang menjadikan beliau menjadi salah satu ulama yang
besar? Bagaimana kepribadian dan filosofi hidup beliau sehingga mampu untuk
selalu dikenang walau nyawa sudah tak dikandung badan? dan yang tak kalah
penting bagaimana meteodologi yang beliau gunakan dalam berijtihad beliau? Maka
dalam kesempatan ini marilah kita mencoba untuk mengupas dan membahas hal-hal
yang berkaitan dengan beliau terutama dalam hal metode beliau berijtihad.
PEMBAHASAN
v
Profil Abu Hanifah
Nama beliau yang sebenarnya ialah Nu‟man
bin Tsabit bin Marbuzan. Imam Abu Hanifah dilahirkan di Kufah pada tahun 80
H/699 M. Ayahnya keturunan dari bangsa Persia (Kabul, Afganistan). Kakenya
Marbuzan masuk Islam pada masa kekhalifahan Umar Ibn Khattab, lalu pindah ke
Kufah dan menetap disana[2].
Beliau lebih populer dipanggil Abu Hanifah daripada nama aslinya. Ada
banyak riwayat yang menjelaskan tentang asal usul nama tersebut, salah satunya karena
salah seorang putranya ada yang dinamakan Hanifah. Dan menurut riwayat yang
lain, sebab ia mendapat gelar Abu Hanifah, karena ia adalah orang yang rajin
melakukan ibadah kepada Allah dan sungguh-sungguh melakukan kewajibannya dalam
beragama. Karena perkataan Hanif dalam bahasa Arab itu artinya cenderung
atau condong kepada agama yang benar. Dan ada pula yang meriwayatkan bahwa ia
mendapat gelar Abu Hanifah kerana beliau sering dilihat orang membawa
botol daqwat ke mana-mana sahaja beliau pergi sebagai persediaan untuk mencatit
ilmu pengetahuan daripada mana-mana guru yang beliau temui. Kerana dalam lughat
Iraq, Hanifah bererti “Botol Tempat Bekas Dakwat.”[3]
Imam
Abu Hanifah, selain terkenal kewira’iannya dalam mengambil keputusan, beliau
juga dikenal sebagai pelopor pertama dalam menyusun kitab fikih secara
kelompok-kelompok dalam pengklarifikasiannya. Diawali dari bab bersuci
(taharah) kemudian disusul shalat dan seterusnya. Hingga pada generasi ulama
berikutnya metode ini diikuti oleh ulama-ulama yang sangat familiar, seperti
Malik bin Anas, Imam Syafi’i, Abu Dawud, Bukhari, Muslim dan ulama lainnya.
Abu Hanifah dikenal sebagai orang yang melakukan shalat Shubuh
dengan wudhu shalat 'Isya selama empat puluh tahun, tidak pernah sekal pun ia
meninggalkan kebiasaan itu. Demikian juga, ia dikenal sebagai orang yang
menghatamkan al-Qur'an di satu tempat di mana ia meninggal sebanyak 7000 kali
v
Perjalanan hidupnya
Abu Hanifah kecil tumbuh di Kufah bersama
keluarganya yang Muslim, sholeh, kaya dan keluarga yang terpandang. Beliau sering mendampingi ayahnya berdagang sutra d toko. Namun
beliau mencoba untuk keluar dari kebiasaan berdagang keluarganya, Abu Hanifah mencoba
untuk memiliki kebiasaan pergi ke Masjid Kufah. Karena kecerdasannya yang
gemilang, ia mampu menghafal Al-Quran dalam umur yang masih belia. Kebiasaan beliau bermulazamah kepada
ulama masih sangat minim karena masih harus mendampingi ayahnya berdagang, dan
puncaknya ketika beliau bertemu Syeikh As-Sya’bi, beliaulah orang yang membuka
cakrawala kelimuan beliau, karena melihat bakat kecerdasan Abu Hanifah lalu
menyarankannya untuk banyak menimba ilmu agama dai para ulama.Nasehat Sya’bi
berkesan di hati Abu Hanifah, kemudian mulailah beliau banyak berguru kepada
para ulama[4].
Ketika umur beliau menginjak 16 tahun, Ayahnya mengajak untuk menuanaikan
ibadah haji, dan mengunjungi makam Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Beliau melihat seorang
ulama besar yang sedang mengajarkan hadits di Masjid Nabawi maka beliau
bertanya kepada ayahnya siapkah ulama itu?. Ayahnya menjawab bahwa ulama itu
ialah salah satu sahabat rasul yang bernama Abdullah bin Harits az-Zubaidi ra kemudian
beliau mengikuti halaqoh tersebut dan meriwayatkan sebuah hadits[5]:
من تفقه في دين الله
كفاه الله ما أهمه ورزقه من حيث لايحتسب
“Barang siapa yang mendalami (tafaqqohu)
Agama Allah, maka Allah akan mencukupkan kebutuhannya serta memberinya rizki
dari arah yang tak disangka-sangka”.
Beberapa bulan setelah menunaikan ibadah haji, beliau harus
menerima takdir untuk menjadi seorang yatim, ayahnya meninggal ketika Imam Abu
Hanifah sedang memperdalami ilmu kalam. Beberapa saat setelah itu beliau
bertemulah beliau dengan guru beliau Imam Hammad bin Abi Sulaiman.
Kufah tempat Abu Hanifah tumbuh dan berkembang sedikit banyak telah
mempengaruhi pemikiran dan kepribadian beliau. Wilayah ini mewarisi peradaban
sejarah yang besar, di samping itu khalifah Abbasiyah menjadi kota ini sebagai
basis pemerintahan serta hijrahnya para ulama ke wilayah ini menambah kuat dan
strategis gerakan keilmuan. Dan para ulama yang mendominasi wilayah Irak pada
saati itu menganut ahli ra’yi maka sudah tidak mengherankan lagi bahwa
pemikiran Abu Hanifah terpengaruhi oleh pemikiran ahli ra’yi.
Abu Hanifah dikenal dengan kewaraannya, salah satu contoh akan
kewaraannya ia menolak jabatan hakim (qadhi) pada masa pemerintahan bani
Umayyah dan Abbasiyah. Yazid bin Hubairah, gubernur Irak pada pemerintahan bani
Umayyah, menyiksanya karena tetap menolak menjadi hakim. Pada pemerintahan Abu
Ja‟far al-Mansur, khalifah kedua dari Bani Abbas, ia dipanggil untuk pindah ke
Baghdad. Saat itu al-Mansur memaksa dan bahkan bersumpah agar Abu Hanifah
menerima untuk diangkat sebagai hakim, tetapi ia juga bersumpah untuk tidak
menerima jabatan selamanya.
Salah satu alasan Abu Hanifah menolak
untuk menjadi hakim (qadhi) begitu sadar bahwa masa depan fiqh harus bebas dari
kekangan penguasa. Sebab hanya dengan menghindari ikatan-ikatan kedudukan ia
dapat leluasa mengembangkan kajian-kajian fiqhiyah. Itulah sebabnya Abu Hanifah
memperjuangkan kebebasan berpendapat dengan segala kekuatan yang dimilikinya.
Demikianlah dalam diri Abu Hanifah berkumpul ilmu orang rasionalis yang
paling masyhur dan ilmu seorang yang paling wara‟[6].
Mazhab Hanafi adalah sebagai nisbah dari
nama imamnya, Imam Hanafi. Jadi mazhab Hanafi adalah nama dari
kumpulan-kumpulan pendapat yang berasal dari Imam Hanafi dan murid-muridnya
serta pendapat-pendapat yang berasal dari para pengganti mereka sebagai
perincian dan perluasan pemikiran yang telah digariskan oleh mereka yang
kesemuanya adalah hasil dari pada cara dan metode ijtihad ulama-ulama ahli
pemikiran (ahlur ra’yi). Maka mazhab Hanafi disebut juga mazhab ahlur ra’yi. Mazhab
ini adalah mazhab yang tertua diantara mazhab-mazhab Ahlu Sunnah. Mazhab Hanafi
banyak berkembang awalnya di Baghdad dan Kufah, namun kemudian terus meluas
sampai ke daerah-daerah lain, khususnya yang pernah berada di bawah kekuasaan
Abbasiyah, seperti Mesir, Syam, Tunis, Jazair, Tripoli, Yaman, India, Parsi,
Romawi, Cina, Bukhara, Afghan,Pakistan, Turkistan bahkan Brazil. Sampai saat
ini bisa dikatakan Mazhab Hanafi banyak dipakai di Irak, Syam/Syiria, India,
Turkistan, negera-negara Kaukasia, Turki, Albania dan di kawasan Balkan[7].
v
Guru-Guru beliau
Jumalah guru beliau dalam rangka
pengembaraan ilmu mencapai 4000 Ulama, diantaranya: 7 guru berasal dari
sahabat, 93 berasal dari tab’in, dan sisanya berasal dari tabi’ tabi’in. banyak
guru beliau ini tidaklah aneh karena beliau dikaruniai umur 70 tahun, beliau
juga berhaji sebanyak 55 kali dan pada waktu musim haji itulah berkumpulnya
para ulama dari berbagai belahan dunia di kota Makkah dan Madinah[8].
Akan tetapi guru yang paling lama beliau ialah Syeikh Hammad.
Menurut para ahli sejarah bahwa diantara
para guru Imam Hanafi yang terkenal[9]:
1) As-Sya’bi : Beliau sangat alim. Di katakan seorang ulama’ lautan ilmu. Beliau adalah guru Imam Abu Hanifah yang pertama sekali. Nama beliau yang sepenuhnya ialah Amir bin Syurhabil. Lahir pada tahun 17 hijrah di masa Umar menjadi khalifah. Beliau menjadi qadhi di khufah selepas Syuraih bin al-Harith al-Kindi. Beliau belajar kepada generasi sahabat terutama kepada Abdullah bin Abbas, Abu Hurairah, Sayyidah Aisyah, Abdullah bin Umar dan ramai lagi. Beliau amat alim dalam ilmu feqah dan seorang penghafal hadith. Beliau berfatwa ketika ramai lagi para sahabat masih hidup.
1) As-Sya’bi : Beliau sangat alim. Di katakan seorang ulama’ lautan ilmu. Beliau adalah guru Imam Abu Hanifah yang pertama sekali. Nama beliau yang sepenuhnya ialah Amir bin Syurhabil. Lahir pada tahun 17 hijrah di masa Umar menjadi khalifah. Beliau menjadi qadhi di khufah selepas Syuraih bin al-Harith al-Kindi. Beliau belajar kepada generasi sahabat terutama kepada Abdullah bin Abbas, Abu Hurairah, Sayyidah Aisyah, Abdullah bin Umar dan ramai lagi. Beliau amat alim dalam ilmu feqah dan seorang penghafal hadith. Beliau berfatwa ketika ramai lagi para sahabat masih hidup.
Ketika Imam Abu Hanifah berusia 10 tahun,
Asy-Sya’bi telah berumur 73 tahun. Namun kerana usianya yang panjang, Imam Abu
Hanifah sempat berguru kepadanya. Beliau meninggal dunia pada tahun 104 hijrah
ketika 87 tahun.
Kealiman beliau diakui oleh ulama’-ulama’
sezaman dengan beliau. Muhammad bin Sirin, seorang ulama’ besar sezaman dengan
beliau dan bekas hamba kepada Anas bin Malik berkata kepada seorang yang
bernama Abu Bakar al-Huzali, “Tetaplah kau bersama Asy-Sya’bi, kerana
sesungguhnya aku melihat beliau memberi fatwa pada ketika sahabat-sahabat
Rasulullah saw masih ramai lagi jumlahnya.” .
2) Hammad bin Abi Sulaiman: Di dalam
mencari orang yang akan memberi pelajaran agama kepadanya, Imam Abu Hanifah
telah memilih guru-guru tertentu untuk ditekuninya. Pada mulanya beliau belajar
kepada Imam Asy-Asy’bi, yaitu seorang ulama’ peringkat Tabi’en yang kuat
berpegang kepada aliran ahli hadith, walaupun beliau tinggal di Kuffah yang
penuh dengan ulama’ ahli fikir atau ahli rayi’.
Ketika Imam Abu Hanifah belajar
kepadanya, Imam Asy-Sya’bi melihat pada diri Imam Abu Hanifah tanda-tanda
kecerdikan dan menasihati beliau supaya mempelajari ilmu fiqh secara mendalam.
Nasihat ulama’ besar itu diterima baik oleh Imam Abu Hanifah, lalu dia
membulatkan tekadnya untuk belajar ilmu feqah dengan bersungguh-sungguh.
Dengan itu, beliau lantas mencari guru
yang sesuai kerana beliau mempunyai prinsip yang tersendiri di dalam belajar
sebagaimana kata beliau, “ Aku berada di dalam majlis ilmu fiqh. Aku menghadiri
majlis ulama’nya dan aku menekuni pada salah seorang daripadanya.” Akhirnya
beliau telah menjumpai seorang guru yang beliau sifatkan mempunyai ciri-ciri
yang istimewa. Guru itu bernama Hammad bin Abi Sulaiman.
Hammad adalah guru yang paling beliau
sayangi dan paling lama beliau balajar. Imam Abu Hanifah belajar kepada Imam
Hammad bin Abi Sulaiman selama 18 tahun sejak dari usianya 22 tahun sampailah
40 tahun, iaitu sampai Hammad meninggal dunia. Kerana sangat menyayangi Imam
Hammad, tatkala mendapat seorang anak lelaki beliau menamakannya Hammad.
Kenapa Imam Abu Hanifah begitu meminati
Hammad? Ini adalah kerana beliau melihat kelebihan Hammad yang agak sukar
didapati pada ulama’ lain. Ciri-ciri yang ada pada Hammad adalah seperti yang dinyatakan
sendiri oleh beliau, “Aku dapati Hammad adalah seorang syeikh yang besar, lagi
banyak sabar dan mempunyai hemah yang tinggi.”
3) Ibrahim bin Yazid
An-Nakha’i: Nama beliau sepenuhnya ialah Ibrahim bin Yazid bin Qais an-Nakha’I
al-Kufi. Beliau belajar kepada Masruq bin Ajda’, seorang tabi’en besar murid
Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah, kepada Alqamah bin Qais an-Nakha’I, bapa
saudaranya sendiri, kepada Syuraih bin al-Harith al-Kindi, Qadhi Besar Kufah
sejak zaman Umar sampailah ke zaman Mu’awiyah.
Imam Abu Hanifah belajar kepada Ibrahim tidak lama. Ini adalah
kerana ketika Ibrahim an-Nakha’I meninggal dunia, usia Imam Abu Hanifah baru
menjangkau 16 tahun. Beliau dianggap sebesar-besar ulama’ ahli ra’yi di Kufah.
Ulama’-ulama’ kufah mengakui kealiman serta kelebihannya dalam bidang ilmu
pengetahuan khasnya dalam bidang ilmu fiqh.
Asy-Sya’bi berkata “Sesungguhnya Ibrahim an-Nakha’I tidak meninggal
di belakangnya seorang yang lebih alim daripadanya.” Kemudian beliau ditanya
orang, “Adakah Ibrahim an-Nakha’I mengatasi al-Hassan al-Basri dan Muhammad Ibn
Sirin di dalam ilmu pengetahuan?.” Jawab Asy-Sya’bi, “Bahkan Ibrahim yang
terlebih alim, malah beliau mengatasi semuanya sama ada ulama’-ulama’ yang
berada di Basrah, Kufah, Hijaz dan juga Syam.”
Beliau terkenal amat tawadhu’ dan wara’, sehingga dikatakan waktu
beliau mengajar, kepalanya tidak memandang ke muka atau ke atas, menunduk ke
lantai. Perkataannya manis dan lemah lembut. Ibrahim an-Nakha’I meninggal dunia
pada tahun 96 hijrah semasa sedang bersembunyi dari kekejaman al-Hajjaj bin
Yusuf ath-Thaqafi, gabenor Iraq di akhir pemerintahan Khalifah al-Walid bin
Abdul Malik bin Marwan kerana mahu menumpah darah.
4) Alqamah bin Qais an-Nakha’I: Alqamah
ialah Alqamah bin Qais bin Abdullah bin Malik an-Nakha’I al-Kufi. Beliau adalah
sealim-alim ulama’ kufah dari murid Ibnu Mas’ud. Dikatakan beliau dilahirkan
pada waktu Rasulullah saw masih hidup lagi, tetapi ketika Rasulullah S.A.W
wafat, beliau masih kanak-kanak yang belum mengerti apa-apa.
Beliau
belajar dan meriwayatkan hadith dari Umar, Uthman, Ali dan Ibnu Mas’ud. Beliau
digelar Alqamah ar-Rawi, yang bererti Alqamah si Perawi Hadith. Ibnu
Mas’ud adalah guru al-Qamah yang paling lama dan yang paling dekat dengannya.
Beliau belajar dengan Ibnu Mas’ud dengan kesungguhan yang luar biasa sehingga
Ibnu Mas’ud mengakui kealimannya.
Kabus
bin Zabyan berkata kepada ayahnya, “Kenapa ayah bertanya masalah kepada Alqamah
dengan meninggalkan para sahabat?” Zabyan menjawab, “Aku sempat melihat
beberapa orang sahabat Rasulullah telah bertanya dan meminta fatwa
daripadanya.”
Imam Az-Zahabi, seorang ulama’ Hadith yang termahsyur berkata,
“Alqamah adalah seorang yang faqih dimana beliau mengamalkan ilmunya, alim,
bijak, warak, pembaca al-Quran yang merdu suaranya dan seorang perawi Hadith
yang sangat tepat memindah Hadith, di mana matan-matan hadith yang di pindahnya
tidak berubah.Beliau di katakan sangat menyerupai gurunya Ibnu Mas’ud terutama
dalam sifat-sifat kelebihan dan keutamaannya. Selain terkemuka sebagai ulama’
besar yang alim lagi faqih dalam bidang ilmu pengetahuan, Alqamah juga
merupakan seorang kepala perang yang berani dan mempunyai pengaruh besar di
Kufah.[10]
v
Murid-Murid Imam Abu
Hanifah
Menurut riwayat bahwa Imam Abu Hanafi
mempunyai murid yang luar biasanya banyaknya, namun dari seluruh murid-muridnya
itu ada empat murid yang terpandang dan terkenal sampai sekarang:
1) Imam Abu Yusuf Ya’qub bin Ibrahim Al-Ansori (113
- 182 H). Sebelum berguru kepada Imam Hanafi beliau telah menimba ilmu selama 9
tahun dari Imam Abu Laila di Kufah. Selanjutnya beliau berguru kepada Imam
Hanafi sehingga jadilah seorang yang faqih, ulama, dan hafiz (ahli hadits).
Beliau pula yang menghimpun catatan- catatan dan pelajaran dari Imam Hanafi
serta menyebarkan di berbagai tempat. Beliau sempat menjabat qadhi atau
hakim dalam beberapa masa kekhalifahan Abbasiyah. Beliau menulis banyak kitab
tentang masalah-masalah ibadah, jual beli, hudud (hukum pidana) dan
lainnya. Kitabnya yang paling terkenal adalah “al-Kharaj” yang ditulis
atas permintaan khalifah ar-Rasyid. Kitab ini dianggap sebagai referensi utama
Ekonomi Islam. Kitabnya yang lain adalah “al-Atsar” dan “al-Raad ala
Sairi al-Auza‟i fi ma Mahala fihi Abu Hanifah” dan lainnya
2) Imam Abu Abdillah Muhammad bin Hasan bin Farqad
Asy-Syaibani (132-189 H). mulai usia dini beliau gemar menuntut berbagai macam
ilmu agama, kemudian bebrapa ulama Irak merekomendasikan beliau untuk belajar
kepada Imam Hanafi, ketika beliau berumur 20 tahun Imam Hanafi wafat, kemudian
beliau melanjutkan pengembaraan ilmunya kepada Imam Abu Yusuf yang merupakan
murid Imam Hanafi yang paling terkenal. Akhirnya beliau menjadi ulama yang
besar dan beliau termasuk ulama ahli ra’yi. Beliau juga ahli dalam pemecahan
istilah dan ilmu berhitung. Ia konsisten dengan pekerjaan menulis dan
menghasilkan banyak kitab, diantaranya, al-Mabsuth, az-Ziyadat, al-Jami‟
al-Kabir, al-Jami‟ as-Shagir, as-Sair al-Kabir, as-Sair as-Shagir, ar-Rad ala
ahli al-Madinah dan lainnya.
3) Imam Zafar bin Hudzail bin Qais (110 – 158 H).
pada mulanya pada mulanya beliau rajin mempelajari ilmu hadist, kemudian
berbalik pendirian amat suka mempelajari ilmu akal atau ra’yi kepada Imam Abu
Hanifah, sesudah Imam wafat beliau menimba ilmu kembali kepada Imam Abu Yusuf
dan Imam Muammad bin Hasan. Beliau terkenal sebagai mantan murid Imam Hanafi yang
ahli qiyas, tergolong sebagai orang yang terbaik pendapat-pendapatnya dan
pandai mengupas soal-soal agama. Zufar pernah menjabat hakim di Bashrah. Pada
mulanya, banyak ulama yang benci dan berburuk sangka kepada Abu Hanifah. Zufar
lalu menerangkan dan menjelaskan kepada mereka secara menakjubkan sehingga
mereka simpati kepadanya. Ia melakukan hal ini secara kontinyu. Akhirnya banyak
orang-orang yang dulu benci menjadi suka kepada Abu Hanifah.
4) Imam Hasan bin Ziyad Al-Lu’lui al-Kuti (wafat
tahun 204 H). Beliau merupakan salah satu murid Imam Hanafi yang terkenal dalam
meriwayatkan hadits. Setelah wafatnya
Imam, beliau menimba ilmu kepada Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad bin Hasan. .
Ia menjabat qadhi di Kufah pada tahun 194 H dan menulis beberapa kitab
antara lain, Aadab al-Qadhi, al-Khishal, Ma‟ani al-Iman, an-Nafaqat,
al-Kharraj, al-Faraidh, al-Washaya, al-Mujarraddan al-Amali.
v
Metode berijtihad
beliau
Imam Abu Hanifah berguru kepada
ulama-ulama Irak yang beraliran rasionalis (Ahlu Ra’yi), mula-mula beliau
belajar ilmu agama, kemudian ilmu kalam.akan tetapi di fokuskan kepada masalh
fiqh saja tanpa mengecilkan fadhilah ilmu yang lain[11]
Secara garis beliau metode ijtihad yang
beliau gunakan, disebutkan dalam kitab Al-Intiqo’ bahwa beliau berkata:
اخذ بكتاب الله تعالى، فإن لم أجد فبسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم،
فإن لم أجد في كتاب الله ولا في سنة رسول الله صلى الله عليه و سلم أخذت بقول الصحابة،
اخذ من شئت منهم وأدع قول من شئت منهم، ولا أخرج عن قولهم إلى قول غيرهم، فإذا
انتهى الأمر-أو جاء-إلى إبراهيم والشعبي و ابن سيريم و الحسن و عطاء و سعيد بن
المسيب-وعدد رجالا-فقوم اجتهدوا. فأجتهد كما اجتهدوا[12]
“Saya mengambil dari Kitabullah jika ada, jika
tidak saya temukan maka dari Sunnah dan Atsar Rasulullah SAW yang shahih dan
saya yakini kebenarannya, jika tidak saya temukan di dalam Kitabullah dan
Sunnah Rasulullah صلى الله عليه وسلم, saya mencari perkataan
sahabat, saya ambil yang saya butuhkan dan saya tinggalkan yang tidak saya
butuhkan, kemudian saya tidak akan mencari yang di luar perkataan mereka, jika
permasalahan berujung pada Ibrahim, Sya’bi, Al-Hasan, Ibnu Sirrin dan Sa’id bin
Musayyib(karena beliau menganggap mereka adalah mujtahid) maka saya akan
berijtihad sebagaimana mereka berijtihad”
Jika kita rincikan metode yang dipakai
Imam Hanafi ada sekitar 7 Ushul Istinbath (dasar-dasar hukum) , yaitu:
1) Al-Qur’an: Imam Hanafi memandang Al-Qur’an
sebagai sumber pertama pengmabilan hokum sebgaimana imam-imam lainnya. Hanya
saja beliau berbeda dengan sebagian mereka dalam menjelaskan maksud(dilalah)
Al-Qur’an, seperti dalam masalah mafhum mukhalafah.
2) Al-Hadits: Imam Hanafi juga memandang Al-Hadits
sebagai sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an sebagaimana imam-imam yang lain.
Yang berbeda adalah beliau menetapkan syarat-syarat khusus dalam
penerimaan sebuah hadits yang
memperlihatkan bahwa Abu Hanifah bukan saja menilai sebuah hadits dari sisi
sanar(perawi), akan tetapi juga meneliti dari sis matan(isi) hadits dengan
membandingkan hadits-hadits lain dan kaidah-kaidah umum yang telah baku dan
disepakati.
3) Ijma’ : Imam Hanafi mengambil ijma’ secara
mutlak tanpa memilah-milah namun setelah meneliti kebenaran terjadinya ijma’
tersebut.
4) Perkataan Sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم:
metode beliau adalah jika terdapat banyak perkataan sahabat, maka beliau
mengambil sesuai dengan ijtihadnya tanpa harus keluar dari perkataan sahabat
yang ada itu, dan jika ada beberapa pendapat dari kalangan tabi’in beliau lebih
cenderung berijtihad sendiri.
5) Qiyas (analogi): Imam Hanafi menggunakannya
jika mendapatkan permasalahn yang tidak ada nash yang menunjukkan pemecahan
permasalahan secara langsung atau tidak langsung. Disinilah Nampak kelebihan
Imam Hanafi dalam mencari sebab (ilat) hukum.
6) Istihsan: keluar atau menyimpang dari keharusan
logika menuju hukum lain yang menyalahinya dikarenakan tidak tepatnya qiyas
atau qiyas tersebut berlawanan dengan nash. Dibandingkan dengan imam-imam yang
lain. Imam Hanafi adalah orang yang paling sering menggunakan istihsan dalam
menetapkan hukum.
7) ‘Urf: adat kebiasaan orang muslim pada suatu
masalah tertentu yang tidak ada nashnya dalam Al-Qur’an, Sunnah dan belum ada prakteknya
pada masa sahabat. Dalam masalh ini hanafi juga termasuk orang yang banyak
memakai ‘urf dalam masalah-masalah furu’(cabang).
Contoh Pemikiran-pemikiran Abu Hanifah
dalam bidang fiqh, diantaranya:
Pertama, mempermudah dalam
hal urusan ibadah dan muamalah. Misalnya, Abu Hanifah berpendapat bahwa jika
badan atau pakaian terkena najis, maka boleh dibasuh dengan barang cair yang
suci, seperti air bunga mawar, cuka, dan tidak terbatas pada air saja. Dalam
hal zakat, Abu Hanifah membolehkan zakat dengan nilai (uang) sesuai dengan
banyaknya kadar zakat.
Kedua, berpihak pada yang
fakir dan lemah. Contohnya, Abu Hanifah mewajibkan zakat pada perhiasan emas
dan perak, sehingga zakat itu dikumpulkan untuk kemaslahatan orang-orang fakir.
Abu Hanifah berpendapat, orang yang punya utang tidak wajib membayar zakat jika
utangnya itu lebih banyak dari uangnya. Ini menunjukkan belas kasihnya kepada
orang yang punya utang.
Ketiga, pembenaran atas
tindakan manusia sesuai dengan kadar kemampuannya. Abu Hanifah berusaha
menjadikan amal manusia itu benar dan diterima selagi memenuhi
syarat-syaratnya. Contohnya ia berpendapat bahwa Islamnya anak kecil yang
berakal tapi belum baligh dianggap sebagai Islam yang benar seperti
halnya orang dewasa.
Keempat, Bahwa perempuan
boleh menjadi hakim di pengadilan yang tugasnya khusus menangani perkara
perdata, bukan perkara pidana. Alasannya, karena perempuan tidak boleh menjadi
saksi pidana, ia hanya dibenarkan menjadi saksi perkara perdata. Karena itu
menurutnya, perempuan hanya boleh jadi hakim yang menangani perkara perdata.
Dengan demikian, metode ijtihad yang digunakannya adalah qiyas dengan
menjadikan kesaksian sebagai al-ashl dan menjadikan hakim perempuan
sebagai al-Far‟i.
Kaidah-kaidah brilian dan selaras inilah
yang membuat Abu Hanifah layak mendapatkan gelar “Imam Ahlu ar-Ra‟yi”.
Ini tidak berlebihan, karena beliau telah berjuang dan berusaha keras
menggunakan qiyas pada hukum-hukum yang tidak ada dasarnya dalam nash.
Selain itu, Abu Hanifah juga menguasai ilmu ber-istimbath (menggali
hukum) dari hadits, sehingga dapat mengambil intisari yang bermanfaat bagi
umat, dan tidak bertentangan dengan nashnya..
Diantara poin penting yang menjadikan mahzab ini banyak menyebar
adalah:
1. Banyaknya murid Imam Hanafi dan perhatian
mereka dalam menyebarkan dan menjelaskan pendapat-pendapat Imam mereka.
2. Mazhab Hanafi dijadikan sebagai mazhab resmi
negara semasa kekuasaan Abbasiyah.
3. Pengangkatan Imam Abu Yusuf sebagai Qadhi
al-Qudhah (hakim tertinggi) yang memiliki kekuatan dalam memilih qudhahi
(hakim-hakim) di daerah-daerah, dan para hakim tersebut selalu memakai pendapat
Imam Abu Yusuf dalam memutuskan perkara-perkara.
4. Perhatian besar ulama-ulama Mazhab ini dalam
percepatan pertumbuhan Mazhab Hanafi dengan mencurahkan kemampuan mereka dalam
mencari ilat hukum dan sekaligus mempraktekkannya dalam banyak masalah-masalah
baru yang timbul. Hal ini menjadi Mazhab ini selalu memiliki solusi-solusi
dalam setiap permasalahan.
v
Karya-Karya Imam Abu
Hanifah
Pada era Imam Hanafi budaya membukukan
kitab atau mencetaknya masih terlalu minim beliau juga tidak mempunyai banyak
waktu untuk membukukan karya-karyanya karena disibukkan dengan mengajar setiap selepas
shalat subuh sampai shalat dhuha dan ba’da ashar sampai malam, sehingga perlu
kita catat bahwa kitab-kitab yang beliau tulis tidak begitu banyak[13].
Muhammad Abu Zahrah menjelaskan bahwa Abu Hanifah tidak menulis kitab secara
langsung kecuali beberapa “risalah”, diantaranya: beliau menulis tentang
ilmu fiqh yang dinamakan al-Fiqh
al-Akbar, Fiqh Ausat dan kitab al-Alim wa al-Muta‟alim, kemudian beliau
juga menulis kitab ar-risalah yang di tujukan kepada Maqatil bin
sulaiman(shahibut tafsir) serta menulis ar-risalah (الوصايا (yang
ditujukan kepada Utsman al-Bati (faqihul Basrah)[14].
Diceritakan bahwa Imam Abu Yusuf
merupakan orang yang pertama menulis beberapa buku berdasarkan mazhab Hanafi
dan menyebarkannya ke berbagai daerah untuk dipelajari. Demikian pula halnya
dengan Muhammad ibn al-Hasan asy-Syaibani banyak menimba ilmu dari Abu Hanifah
dan menyebarkan pemikiran-pemikiran beliau melalui karya-karyanya. Dari
sejumlah sumber, menyebutkan bahwa Abu Hanifah sendiri tidak meninggalkan karya
atau buku yang ditulisnya langsung, kecuali apa yang dinukil oleh para murid
beliau.
Abu Zahrah, menceritakan bahwa penulisan
di bidang ushul fiqh untuk pertama kali disusun oleh murid Imam Abu
Hanifah. Hal senada juga disebutkan oleh pengikut dan para muridnya. Diantara
murid Abu Hanifah yang paling terkenal dan merupakan orang yang pertama menulis
buku ushul fiqh berdasarkan pandangan Abu Hanifah adalah Imam Abu Yusuf
(w. 182 H). Dan karya Abu Yusuf ini pada akhirnya menjadi pegangan mazhab
Hanafi, dalam ushul fiqh.
Menurut penuturan Imam Nadim sebagaimana
dikutip oleh Tengku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, bahwa Abu Yusuf dan Zafar
adalah dua orang murid yang sangat berjasa dalam merumuskan dan mengembangkan
pemikiran Abu Hanifah dan mazhab ushul Hanafi. Abu Yusuf sendiri banyak
menghasilkan karya-karya yang didasarkan kepada mazhab Hanafi, seperti kitab az-Zakah,
as-Shiyam, al-Faraidh, al-Hudud, al-Kharaj dan al-Jami‟. Dan diantara karya
Abu Yusuf yang terkenal adalah kitab al-Kharaj.
Selain Abu Yusuf dan Zufar, Muhammad ibn
Hasan asy-Syaibani juga salah seorang murid Abu Hanifah yang terkenal dan
berjasa dalam mengembangkan mazhab Hanafi. Ibn Hasan mengikuti cara-cara istimbath
yang telah dirintis oleh Abu Yusuf berdasarkan pemikiran Abu Hanifah.
Dalam usaha itu mengkodifikasikan madzhab
hanafi, ulama Hanafiyah membagi hasil pengkodifikasian itu dibagi kepada 3
tingkatan, yaitu:
1) Tingkat pertama dinamakan Masailul
–Ushul (masalah-masalah pokok)
Merupakan suatu kumpulan kitab yang
bernama Zhaahirur riwayat yaitu pendapat-pendapat
Abu Hanifah yang terdapat dalam kumpulan kitab itu mempunyai riwayat yang
diyakini kebenarannya karena diriwiyatkan oleh murid-murid dan sahabat-sahabat
beliau yang terdekat dan kepercayaannya. Kitab zhahirur riwayat dihimpun
oleh Imam Muhammad bin Hasan terdiri atas 6 kitab yaitu: Kitab Al
Mabsuth, Kitab Al-Jaami’ush shaghir, Kitab Al Jaami’ul Kabir, Kitab As-Sairu Al-shaghir, Ktab As-Sairul
Kabiir, Kitab Az-Ziyaadat.
Keenam buku tersebut dikumpulkan dalam Mukhtashar al-Kafi yang
disusun oleh Abu Fadhal Al-Muruzi
2) Tingkat kedua ialah kitab Masaa-ilun Nawadhir
(persoalan langka)
Merupakan persoalan yang diriwiyatkan
dari pasa pemuka mazhab di atas, tetapi tidak diriwayatkan dalam buku-buku yang
sudah disebut tadi, diriwayatkan dalam buku-buku lain yang ditulis oleh
Muhammad, seperti Al-Kisaniyat, Al-Haruniyyat, Al-Jurjaniyyat, Al-Riqqiyyat,
Al-Makharij Fil Al-Hayil dan Ziyadat Al Ziyadat yang diriwayatkan oleh Ibnu
Rustam. Buku-buku tersebut termasuk buku mengenai fiqih yang diimlakan
(didiktekan) oleh Muhammad. Riwayat seperti itu juga disebut ghair zhahir
al-riwayah karena pendapat-pendapat itu tidak diriwayatkan dari Muhammad dengan
riwayat-riwayat yang zhahir (tegas) kuat, dan shahih seperti buku-buku pada
kelompok pertama.
3) Tingkat yang ketiga dinamakan Al-Fataawa
Al-Waaqi’aat (kejadian dan fatwa)
Merupakan kumpulan pendapat sahabat-sahabat dan murid-murid Imam
Abu Hanifah. Buku pertama mengenai al-Fatawa ialah Al-Nawazil ditulis oleh
Faqih Abu Laits Al-Samarqandi. Setelah itu sekelompok syaikh menulis buku yang
lain seperti Majmu’ al-Nawazil wa al-Waqiat yang ditulis oleh Al-Nathifi dan
Al-Waqiat yang ditulis oleh Shadr A-Syahid Ibnu Mas’ud[15]
v
Ketokohan Imam Abu
Hanifah
Menurut riwayat yang telah banyak
diriwayatkan oleh sebagian ulama ahli hadits bahwa sesungguhnya Nabi صلى الله عليه وسلم pernah bersabda; “
Jika sekiranya ilmu pengetahuan itu tergantung di bintang tsuraya niscaya
akan dicapai oleh beberapa orang dari keturunan bagsa Persia”. Berhubung dengan
adanya hadits ini, diantara para ulama ada yang memberi keterangan bahwa hadits
ini mengandung basyirah (berita gembira) dari Nabi صلى الله عليه وسلم.
Yang dimaksud dengan kata-kata “beberapa orang dari keturunan bangsa Persia”
itu antara lain ialah yang mulia Imam Abu Hanifah. Karena beliau itu adalah
seorang dari keturunan bangsa Persia dan beliaupun di kala hayatnya tidak ada
seorangpun yang dapat membandingi tentang ilmu pengetahuannya, kecerdasan
fikirannya, keluhuran budinya dan keteguhan jiwanya.
Sepanjang riwayat, bahwa mazhab Hanafi
dikembangkan oleh sahabat yang sekaligus murid beliau, diantaranya Imam Abu
Yusuf dan Imam Zufar. Pada masa pemerintahan khalifah Harun ar-Rasyid menjabat
kepala negara bagi dunia Islam, beliau menyerahkan urusan kehakiman kepada Imam
Abu Yusuf. Maka segenap urusan kehakiman dalam kerajaan ar-Rasyid ada di tangan
kekuasaannya. Urusan resmi di tiap-tiap kota pada masa itu, seperti Iraq,
Khurasan, Syam, Mesir bahkan sampai ke Tapal batas Afrika beliau serahkan
kepada orang yang dipercayainya. Beliau tidak menyerahkan jabatan itu,
melainkan kepada orang yang menjadi sahabatnya dan yang sependirian dengan
mazhabnya (mazhab Hanafi).
Dengan terpilihnya Imam Abu Yusuf menjadi
qadli, maka segenap qadli dan hakim di segenap daerah dan kota di
kala itu pada umumnya yang terdiri dari para ulama‟ yang bermazhab Hanafi
menjadi gemar mempelajari kitab-kitab yang beraliran Hanafi, karena ingin
mendapat kedudukan atau pangkat. Demikianlah permulaan tersiarnya aliran mazhab
Imam Abu Hanifah.
Selanjutnya mazhab Imam Hanafi baru
dikenal orang Mesir sesudah tahun 164 H. Karena di kala itu telah diangkat oleh
kepala negara al-Mahdi seorang qadli yang bermazhab Hanafi yang
mula-mula menyiarkan mazhab Hanafi di Mesir. Terutama selama pemerintahan Islam
ada di tangan para kepala negara dari keturunan Abbasiyah, makin berkembanglah
mazhab ini di Mesir sampai tahun 358 M.
Tatkala Mesir berada di tangan kekuasaan
para raja keturunan Fatimiyyah. Dibawa pula ke sana aliran mazhab mereka yaitu
mazhab Syi‟ah al-Ismailiyyah. Tidak saja mazhab ini tersiar di sana karenanya,
tetapi kedudukan qadli dipengaruhi juga oleh mazhab itu. Bahkan mazhab
Syi‟ah pernah menjadi mazhab pemerintahan dengan resmi.
Setelah pemerintahan Mesir jatuh ke
tangan al-Ayyubi, mereka menindas dan mengikis habis mazhab itu. Kemudian
kerajaan al-Ayyubi mendirikan sekolah-sekolah untuk mencetak ulama‟ di masa
mendatang yang mengikuti mazhab Syafi‟i dan Maliki. Sultan Salahuddin al-Ayyubi
juga mendirikan sekolah untuk memberikan pengajaran mazhab Hanafi. Sejak saat
itu mazhab Hanafi mendapat kekuatan kembali untuk berkembang di tengah-tengah
Mesir. Pada tahun 641 H Sultan Saleh Najmuddin mendirikan madrasah yang
dinamakan madrasah as-Shalihiyyah. Dalam madrasah ini diberikan
pengajaran-pengajaran mazhab empat yang masyhur, yaitu mazhab Hanafi, Maliki,
Syafi‟i dan Hambali sebagai tindakan pembalasan untuk membasmi aliran-aliran
mazhab yang lain.
Pada umumnya penduduk di Afrika (Algeria,
Tunisia dan Tripoli) adalah pengikut mazhab Hanafi yang dibawa oleh Ibnu Farukh
Abu Muhammad al-Farisi. Kemudian ia menyerahkan urusan kehakiman kepada Assad
bin Farrat bin Sinan yang dapat mengembangkan aliran mazhab Hanafi di sana.
Demikian sehingga datang kesana al- Mu‟iz bin Badis dengan membawa aliran
mazhab Maliki lalu dapat menarik sebagian besar penduduknya untuk memeluk
mazhab Maliki. Namun masih ada sebagian kecil dari mereka yang masih tetap
menganut mazhab Hanafi.
Keluarga raja di Tunisia adalah pengikut
mazhab Hanafi. Urusan kehakiman di sana diserahkan kepada dua qadli yang
beraliran Hanafi dan Maliki. Demikian pula mufti besar di sana juga ada dua,
yaitu yang bermazhab Hanafi dan yang bermazhab Maliki. Tetapi yang bertanggung
jawab keseluruhannya ialah yang bermazhab Hanafi.
Sepanjang riwayat setelah Mesir jatuh ke
tangan kekuasaan bangsa Turki, maka kedudukan qadli dan urusan kehakiman
diserahkan kepada ulama yang bermazhab Hanafi. Karena mazhab Hanafi menjadi
mazhab resmi bagi pihak kerajaan Usmaniyyah dan bagi segenap pembesar negara.
Dengan demikian bahwa sebagian besar pendudu Mesir terpengaruh oleh mazhab
Hanafi dengan tujuan agar mudah mendapatkan kedudukan qadli atau hakim.
Sekalipun demikian nama mazhab Hanafi tidaklah begitu tersiar ke dusun-dusun
dan ke hulu-hulu Mesir tetapi terbatas di dalam kota saja. Kebanyakan penduduk
Dusun dan Hulu daerah Mesir tetap bermazhab Syafi‟i.[16]
Selanjutnya mazhab Hanafi tersiar dan
berkembang di negeri-negeri Syam, Iraq, India, Afganistan, Kaukasus, Turki dan
Balkan negeri-negeri yang lain . Demikianlah diantara riwayat tersiarnya mazhab
Imam Hanafi di dunia ini.
v
Wafatnya Imam Abu
Hanifah
Di akhir-akhir hidup beliau beliau harus mendapatkan ujian yang
berat yaitu hukuman dari khalifah Abbasyiah akibat penolakannya untuk menjabat
sebagai hakim pada saat itu, beliau harus masuk penjara, mendapatkan beberapa
cambukan serta harus menjalani tahanan rumah.
Selang beberapa hari setelah mendapatkan
tahanan rumah, ia terkena penyakit, semakin lama semakin parah. Akhirnya ia
wafat pada tahun 150 H diusianya yang ke-70 . Berita kematiannya segera
menyebar. Salah seorang ulama Kufah berkata, "Cahaya keilmuan telah
dimatikan dari kota Kufah, sungguh mereka tidak pernah melihat ulama sekaiber
dia selamanya." Yang lain berkata, "Kini mufti dan fakih Irak telah
tiada."[17]
Jasadnya dikeluarkan dipanggul di atas
punggung kelima muridnya, hingga sampai tempat pemandian, ia dimandikan oleh
Al-Hasan bin Imarah, sementara Al-Harawi yang menyiramkan air ke tubuhnya. Ia
disalatkan lebih dari 50.000 orang. Dalam enam kali putaran yang ditutup dengan
salat oleh anaknya, Hammad. Ia tak dapat dikuburkan kecuali setelah salat Ashar
karena sesak, dan banyak tangisan. Ia berwasiat agar jasadnya dikuburkan di
Kuburan Al-Khairazan, karena merupakan tanah kubur yang baik dan bukan tanah
curian[18].
PENUTUP
v Kesimpulan
Nama lengkap Imam Abu Hanifah adalah
al-Nu’man ibn Tsabit Marbuzan al-Farisi, dilahirkan di Kufah pada 80 Hijriah.
Beliau salah satu dari keempat tokoh Madzahibul al-Arba’ah termasyhur dan
berkembang di dunia islam. Masa kecil Abu Hanifah berbeda dengan ketiga Imam
fikih lainnya yaitu Imam Malik, Imam Syafi’i, dan Imam Ahmad. Pasalnya
ketiganya memulai menimba ilmu sejak usia dini, sedangkan Abu Hanifah tidak
demikian. Ketika kecil beliau berprofesi sebagai pedagang dan sering berlalu
lalang, pulang pergi kepasar untuk membiayai kehidupan keluarga.
Pemikiran beliaupun mulai tergugah dan
terbentuk dalam satu paradigma yang kuat, ketika beliau menaruh perhatian besar
pada ilmu pengetahuan dan berbagai pendapat peninggalan para sahabat Irak.
Hingga menjadikan beliau berani berdialog dan berdebat dengan penganut agama
dan aliran yang berbeda.
Imam Abu Hanifah meninggal dunia pada bulan Rajab tahun 150H/767M ketika
berusia 70 tahun.
v DAFTAR PUSTAKA
Sulaiman, Wahbay Ghowahbi. 1995. Abu
Hanifah An-Nu’man. Beirut: Darul Qolam.
Nurkholis, Mujiyono. 1994. Kehidupan,
pemikiran, dan perjuangan 5 Imam Madzhab Terkemuka; terjemah A’immatul Fiqh
At-Tis’ah .Bandung.
Abdul, Ibnu Barri, Al Intifa’
http://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Hanifah
https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[1]
Wahbay Sulaiman Ghowahbi, Abu Hanifah An-Nu’man, Beirut: Darul Qolam,
1995, Cet IV. Hal 107
[2] Ibid
hal 47
[3] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[4]
Ibid, hal 49.
[5]
Ibid hal 101
[6] https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
[7]
Ibid hal 243
[8]
Ibid hal 56.
[9] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[10] http://ibadurrahman99.wordpress.com/2013/05/07/manaqib-imam-abu-hanifah
[11] Mujiyono
Nurkholis, kehidupan, pemikiran, dan perjuangan 5 Imam Madzhab
Terkemuka;terjemah A’immatul Fiqh At-Tis’ah(Bandung,1994), hal.46
[12] Ibnu
Abdul Barri, Al Intifa’, hal 82
[13] Ibid,
hal 290
[14]
Ibid, hal 300
[15] Wahbah
Zahayly, Al Fiqh Al Islami Wa’adillatuh, (Terj) Agus Efendi, Bahrudin Fanani,
Zakat Kajian Berbagai Mazhab, Bandung : Remaja Rosdakarya,1995, cet. Pertama,
hal 53
[16] https://www.academia.edu/6241268/Abu_hanifah
[17] http://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Hanifah
[18] Ibid,
hal 365
No comments:
Post a Comment